Halaman

Daftar Blog Saya

Senin, 13 Mei 2013

Faktor susah tidur (Pobia tidur)


Mungkin Anda tidak percaya, beberapa orang memang memiliki ketakutan pada tidur. Kelainan ini disebut Clinophobia atau somniphobia. Somniphobia atau Hypnophobia biasanya dianggap memiliki berbagai gejala yang mempengaruhi tubuh. Gejala-gejala ini dapat mempengaruhi pasien baik secara fisik maupun mental. Banyak merasa cemas ketika berbicara tentang subyek tidur atau bahkan berpikir tentang hal itu. Meskipun hypnophobia adalah bentuk yang relatif umum dari gangguan kecemasan bisa sulit untuk diobati. Orang yang memiliki fobia ini biasanya sangat takut untuk tidur karena mereka khawatir dengan apa yang bisa terjadi pada diri mereka selama tidur.

Beberapa orang takut dengan mimpi buruk atau takut mengompol. Sementara beberapa yang lain takut terkena penyakit yang berkaitan dengan tidur atau kelainan tidur. Terkadang orang juga takut mereka mati saat tidur. Meski termasuk langka, namun alasan di balik fobia tidur ini bisa dipahami.

Kunci untuk mengobati hypnophobia adalah untuk mengurangi kecemasan, atau untuk menghilangkan sepenuhnya. Cara lain seperti meditasi, atau yoga dapat membantu dalam proses pengobatan. Jika seorang pasien mengalami hypnophobia karena kurangnya keamanan saat mereka sedang tidur, dianjurkan bahwa mereka tidur di samping seseorang, atau dekat untuk memiliki keyakinan bahwa tidak ada yang akan terjadi pada mereka saat mereka sedang tidur.




Terapi Perilaku Kognitif adalah bentuk diterima secara luas dari pengobatan untuk gangguan kecemasan yang paling. Hal ini juga dianggap sangat efektif dalam memerangi gangguan di mana pasien tidak benar-benar takut situasi, melainkan, ketakutan apa yang bisa terjadi akibat berada di mengatakan situasi. Tujuan utama dari terapi kognitif adalah untuk mengubah pikiran terdistorsi atau kesalahpahaman terkait dengan apa pun yang sedang ditakuti, teori adalah bahwa memodifikasi pikiran-pikiran akan mengurangi kecemasan dan menghindari situasi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar